Indonesia Negara Kaya, Tapi Lambat Dalam Berkembang

Indonesia kaya akan minyak bumi, tapi kenyataan dari sisi lainnya indonesia juga mengalami krisis minyak bumi. Indonesia kaya akan sumber daya alam. Baik itu mineral, bahkan indonesia memiliki salah satu hutan terbaik di dunia. Namun hal itu hanya jadi pajangan dan informasi yang baik bagi dunia luar. Masyarakat tidak mampu mengembangkannya menjadi hasil yang dapat mensejahterakan rakyat sepenuhnya. Lihatlah apa yang dilakukan oleh Jepang, setelah luluh lantak pada perang dunia ke 2, negara mata hari terbit ini menutup diri dari pengaruh luar. Bahkan untuk pendidikan anak2 saja tidak boleh terinfeksi oleh kedua orang tua mereka. Artinya negara ini benar2 melakukan revolusi dalam berbagai bidang untuk memajukan negaranya. Walhasil sekarang jepang menjadi negara dengan teknologi terbaik di asia. Padahal 64 tahun negara ini benar2 hancur oleh serangan bom atom, tapi kerja keras mereka sekarang membuahkan hasil yang sangat membanggakan bagi dunia.
Nah, kita kembali lagi membahas negara tercinta ini,mengapa indonesia terperangkap dalam mindset yang kurang berkembang. Bangsa ini sering sekali terpana oleh media, memang media sangat berpengaruh menghancurkan negeri ini. Sebut saja beberapa bulan lalu kesalahan pemberitaan media tentang ATM Screemer membuat sibuk hingga para anggota depan beradu urat saraf sesamanya. Padahal jika permasalahan itu ditelusuri untuk dicari kebenarannya, mungkin tidak separah itu. Tapi warga negara ini banyak yang lebih suka mencari pembenaran daripada kebenaran.
Masalah yang terberat dialami di awal pemerintahan SBY jilid 2 adalah kasus KPK dan Century, itupun hanya menghabiskan milyaran dana dari APBN hanya untuk membayar para wakil rakyat yang hingga kini tidak ada penyelesaian. Yang ada hanya melahirkan masalah2 baru. Penyebab yang utama hanyalah yang menjadi tersangka merangkap sebagai penegak hukum. Bagaimana mungkin mereka akan menangkap diri mereka sendiri. Jika memang hukum di negara kita ini murni berasaskan kebenaran. Penulis yakin masalah seperti itu akan segera terselesaikan dengan baik.
Lihat lagi apa yang dilakukan para mahasiswa, mereka demo sana-sini dan berusaha menjatuhkan sana-sini dengan brutal dan anarkis. Pertanyaan yang paling utama ditujukan bagi para mahasiswa adalah “apa yang bisa kalian lakukan untuk membangun negeri ini? Lakukanlah…”
Negeri ini memang tlah melenyapkan nilai moral dalam sebuah anggapan bahwa masyarakat tlah memiliki segalanya. Nah..apa yang seharusnya diubah? Mindset. Orang indonesia yang telah lama bersemayam di luar negeri rata-rata memiliki pikiran lebih maju. Sebut saja Ken Sutanto, Nelson Tansu, Dr. Warsito, Yogi Erlangga dan masih banyak yang lain. Mereka adalah putra nusantara yang telah lama mengibarkan sayapnya di panggung dunia. Mereka telah mengadopsi pemikiran negara2 maju itu.
Apa yang seharusnya sekarang diselesaikan oleh negara ini? Mencari sumber permasalahan yang ada, menganalisa, dan menyelesaikannya dengan bijak. Jika itu mampu dikuasai oleh para petinggi negeri ini, maka bukan hal yang tidak mungkin bangsa besar ini akan mampu mengalahkan negara adidaya USA.

4 thoughts on “Indonesia Negara Kaya, Tapi Lambat Dalam Berkembang

  1. sesekali kita perlu juga menanaman mindset
    setiap warga yang sudah mengecap pendidikan diuar sana, hendaklah keembali kenegri asalnya jika telah kelar studinya.

    ini masalah serius lho, masa sih orang – orang yang sangat diperlukan negara justru berada diluar sana, memang sih sesekali mengangkat nama bangsa, tapi kalo cuma nama yang terangkat tanpa kontribusi langsung sama saja…

    negara tetap dibawah..

    *ehm, tim dlvry ternyata bisa nulis serius juga ya,,, ga nyangkaaaaaaaaaaaaa*😀

    peace zaki

    1. bukannya mereka gak mau pulang ke indonesia kak…
      tapi mereka tidak dihargai di negeri ini.
      contoh yang paling simple adalah Dr. Azma Putra. beliau lebih memilih mengajar di Universiti of Malaka dari pada di Unsyiah.hohoohohoho

      contoh lain adalah BJ Habibie. di indonesia mereka dianggap sampah tanpa dapat berkembang….
      :p

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s