Midtem Praktikum Fisika Dasar 1

lagi praktikumHari ini rabu, 16 Desember 2009 merupakan hari yang mendebarkan sekaligus percaya tidaknya para praktikan bahwa hari ini akan diadakannya midtem praktikum fisika dasar. Rabu minggu yang lalu kami sudah ingatkan pada praktikan bahwa tanggal 16 desember kami akan adakan midtem untuk menambah nilai praktikum mereka, “rabu depan kalian midtem praktikum selesai melakukan percobaan seperti biasa, persiapkan diri kalian, belajar yang banyak ya..” walaupun banyak yang protes “kenapa jurusan kami mesti ada midtemnya bang? Praktikan dari jurusan lain gak ada yang buat midtem, mereka langsung final” “itu tuk nambah nilai praktikum kalian, midtem itu nilainya untuk asisten, sedangkan nilai final langsung untuk korlab”.
Dari zaman ke zaman yang namanya praktikum memang menjadi momok yang paling menakutkan bagi mahasiswa eksakta. Apalagi yang namanya praktikum fisika dasar, mana laporan harus diketik pake mesin tik, sekarang kan era globalisasi informasi, kok bisa sih??? Tanya aja langsung sama Ketua Jurusan Fisikanya ya…dulu Aku juga pernah protes masalah ini, di zaman canggih kok masih pake mesin tik? Ketika masih ikuti praktikum ngetik pake mesin tik emang sangat membosankan dan menjadi hal yang paling menyebalkan, tapi bertahun-tahun kemudian para praktikan akan merindukan hal yang istimewa itu.hahah
Mari kita putar memori menuju beberapa tahun lalu, tepatnya 3 tahun lalu ketika Aku dan teman-tamanku masih berstatus sebagai praktikan, ketika kaki sudah melangkah ke dalam lab fisdas, jangankan untuk tersenyum pada asisten, lihat wajah asistennya aja kami gemeteran, tapi mereka bukan hantu lho… begitulah asisten di mata praktikan. Tahun ini kami ingin mencoba hal yang sama dengan begitu menyeramkan, tapi aku pikir sekarang bagaimana caranya kita bisa mengubah cara pandang orang banyak terhadap yang namanya FISIKA. fisika itu terjadi dalam tiap gerakan tubuh kita mulai dari bangun tidur hingga kita tidur untuk selamanya, semuanya fisika dan alangkah indahnya bila semua itu bisa kita pelajari dengan mudah. Gimana caranya kita merubah image fisika menjadi “physics is fun” agar tidak ada lagi yang namanya “fisika itu hantu”, apalagi praktikum fisika dasar. Ya, kami mencoba menjadi asisten yang menyenangkan dan ramah, walaupun sering marah2 di lab, itu biasalah namanya juga praktikumnya siang gitu. ya kan…..
Birin, vivi, amsir, oja dan mona udah nungguin Aku datang untuk ngeliat gimana soal yang Aku buat dengan mengerahkan segenap jiwa dan raga keusilanku yang super itu disertai sedikit kreatifitas, soal yang Aku buat ini hampir sama dengan soal yang kami terima pada 3 tahun lalu. Mati-matian kami belajar, eh taunya asisten Cuma minta kritik dan saran doank. Whaaaaaaaaaaa……….tapi setidaknya kan sudah belajar banyak untuk amunisi final nanti. Kalo gak digituin mana ada cerita belajar…tapi cara ini cukup ampuh untuk membuat kami belajar, dan kenapa tidak bila hal serupa kami lakukan pada praktikan tahun ini. Niatnya kan baikkk….hohooh
Setelah semua praktikan menyelesaikan praktikum seperti biasa, barulah birin membacakan soal yang super usil itu dengan sebelumnya mereka melakukan panambahan agar soal tampak lebih sulit daripada melihat telinga mereka sendiri. Ketika soal dibacakan suasana tampak hening, sebagian dari mereka agak sedikit shock, Aku dan vivi udah gak sanggup tahan ketawa dibuatnya, tapi kami tetap aja pasang tampang serius. Setelah narasi soal dibaca wajah para praktikan tampak lesu tak berdaya, namun ketika pertanyaan dimuntahkan, barulah kelegaan yang luar biasa terpancar dari mereka. Hahha….
Inilah soalnya, dan jawaban yang paling sesuai dengan soal ini adalah “pak sopir ditimpa kesialan yang luar biasa”. Mudah-mudahan tahun depan praktikan kali ini tidak lagi bertemu dengan kami. Atau mereka akan ditimpa mimpi buruk yang aneh.whahhaha….
Sebuah mobil dengan panjang 5 m serta tinggi 2 m dan massa 340 kg melaju dari jam 07.00 WIB dengan kecepatan 40 km/jam dari kota sukahati menuju sukajantung dengan jarak 2 km, setelah melalui jarak 123 m tiba-tiba ban mobil pecah dan melaju membentuk arah 13o ke sisi kanan jalan setelah mengerem, mobil bergeser sejauh 5 m. untuk mengganti ban serap, pak supir membutuhkan waktu selama 18 menit. Mobil kembali melaju dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, pada jarak 270 m kemudian mobil tergelincir pada tikungan karena adanya minyak dengan luas permukaan minyak 1,5 m2 dengan sudut tikungan 30o kearah kiri mobil tergelincir 45 cm. Di perkirakan kerapatan massa dari minyak tersebut adalah 49,8 kg/m3. pada dashboard mobil terdapat sebuah tali yang bergantung dengan panjang tali 20 cm yang berayun sejauh 6 cm pada kejadian tersebut.
Pertanyaannya:
1. Siapakah asisten yang paling baik?
2. Siapakah asisten yang paling ramah?
3. Siapakah asisten yang paling bijak?
4. Siapakah asisten yang paling pinter?
5. Siapakah asisten yang paling cerewet?
6. Siapakah asisten yang paling iseng?
7. Siapakah asisten yang paling jutek?
8. Siapakah asisten yang paling keren?
9. Siapakah asisten yang paling sabar?
10. Siapakah asisten yang paling kreatif?
11. Siapakah asisten yang paling kalem?
12. Siapakah asisten yang paling ceria?
13. Siapakah asisten yang paling santai?
14. Siapakah asisten yang paling bocor?
15. Siapakah asisten yang paling manis n cute ?
16. Tuliskan kritik dan saran yang membangun dari kalian kepada masing2 asisten?

Perolehan klasemen akhir adalah

1) Siapakah asisten yang paling baik?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 2
Vivitalia : 37
Sabrian Tri Anda: 5
Amsir : 6

2) Siapakah asisten yang paling ramah?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 1
Vivitalia : 26
Sabrian Tri Anda: 15
Amsir : 5
3) Siapakah asisten yang paling bijak?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 7
Vivitalia : 13
Sabrian Tri Anda: 4
Amsir : 24
4) Siapakah asisten yang paling pinter?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 13
Vivitalia : 22
Sabrian Tri Anda: 12
Amsir : 26
5) Siapakah asisten yang paling cerewet?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 6
Vivitalia : 1
Sabrian Tri Anda: 35
Amsir : 2
6) Siapakah asisten yang paling iseng?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 7
Vivitalia : 1
Sabrian Tri Anda: 33
Amsir : 0
7) Siapakah asisten yang paling jutek?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 30
Vivitalia : 3
Sabrian Tri Anda: 4
Amsir : 7
8) Siapakah asisten yang paling keren?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 14
Vivitalia : 5
Sabrian Tri Anda: 13
Amsir : 13
9) Siapakah asisten yang paling sabar?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 3
Vivitalia : 33
Sabrian Tri Anda: 4
Amsir : 16
10) Siapakah asisten yang paling kreatif?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 7
Vivitalia : 9
Sabrian Tri Anda: 14
Amsir : 13
11) Siapakah asisten yang paling kalem?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 9
Vivitalia : 18
Sabrian Tri Anda: 6
Amsir : 11
12) Siapakah asisten yang paling ceria?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 5
Vivitalia : 2
Sabrian Tri Anda: 33
Amsir : 3
13) Siapakah asisten yang paling santai?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 7
Vivitalia : 10
Sabrian Tri Anda: 25
Amsir : 6
14) Siapakah asisten yang paling bocor?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 2
Vivitalia : 5
Sabrian Tri Anda: 33
Amsir : 3
15) Siapakah asisten yang paling manis n cute ?
Hasilnya adalah
Zakiul Fuady : 5
Vivitalia : 29
Sabrian Tri Anda: 7
Amsir : 4
Keep spirit ^_^

One thought on “Midtem Praktikum Fisika Dasar 1

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s