Perkembangan teknologi ponsel

Pada 4 april 1973 seorang general manager pada Divisi Communications Systems Motorola mempertunjukkan cara berkomunikasi aneh dari terminal telepon portable. Impian cooper memiliki alat komunikasi nyaman yang bisa dibawa kemana saja tercapai dengan bantuan Amos E Joel Jr, pionir sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak/berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus.
Bila kita bicarakan perkembangan teknologi tentang gadget satu ini sudah tidak dapat dihentikan lagi. Ponsel yang dulunya hanya bisa untuk telpon kemudian dikembangkan dengan menambah fitur sms, agar dapat menggantikan fungsi surat-menyurat dengan mengirimkan text 160 karakter perhalamannya. Hingga kini ponsel sudah memiliki multifungsi. Itu pula yang tidak disukai oleh sang penemu ponsel. Karena pada hakikatnya ia menciptakan ponsel hanya untuk telpon, tapi kini telah dikembangkan bahkan tak jauh beda dengan fungsi dari sebuah komputer. Ponsel yang dikembangkan sekarang memiliki bentuk terkecil hingga yang paling tipis. Dengan berbagai fitur komunikasi diantaranya MMS, GPRS, Bluetooth bahkan untuk melihat wajah lawan bicarapun bukan hal yang tak mungkin layaknya video konferens dengan adanya dukungan jaringan 3G. untuk fitur hiburan seperti musik player, kamera dengan resolusi tinggi, video, game, dan beberapa aplikasi canggih lainnya yang sangat membantu pengguna dalam kesehariannya.
Ponsel keluaran terbaru bahkan telah mengadopsi Operasi Sistem seperti linux, android, windows, hingga windows 7 yang merupakan keluaran terbaru operasi sistem dari Microsoft Corporation telah dibenamkan dalam sebuah ponsel canggih dengan versi mobilenya. Bila seseorang hendak bepergian untuk liburan, tak harus lagi membawa kamera digital, musik player, game portable, kompas, peta atau barang2 lainnya. Cukup hanya dengan sebuah ponsel mini namun dengan berbagai kemudahan. Seiring berkembangnya teknologi ponsel, para pngembang vendor seperti telkomsel, xl, indosat dan lainnya pun semakin bersaing dalam hal penyedia layanan untuk menunjang penggunaan fitur ponsel secara maksimal. Nahh.. tidak dipungkiri bila beberapa tahun yang akan datang sebuah ponsel tanpa keypad dapat dikendalikan hanya dengan tatapan mata. Teknologi berkembang dengan sangat pesatnya.

4 thoughts on “Perkembangan teknologi ponsel

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s