Jadi Information Officer

Dalam satu minggu ini aku dapat pengalaman baru, bertemu banyak orang dengan beribu macam pertanyaan dan pola pikirnya. Ada yang sinis dan juga jail. Namun ada pula yang serius dan banyak juga yang ngeselin. Aku diminta untuk jadi information officer sebuah organisasi international dalam acara Aceh Fair 2011. Ini pekerjaan baru, namun ini biasa dalam dunia lamaku. Cukup menantang dan sangat menarik. Banyak ilmu yang aku dapat disini. Dan tentunya ilmu komunikasi. Bagiku, ilmu komunikasi itu sangatlah penting. Karena seorang dosen pernah berkata “orang pintar yang gak bisa ngomong akan keliatan bodoh, tapi orang bodoh yang pintar ngomong akan keliatan pintar”. Sangat banyak di luar sana insinyur yang cuma bisa kerja di bidang administrasi atau sebagai tata usaha. Kurangnya koneksi dan komunikasi. Oke, by the way inilah yang slalu aku ulang-ulang di stand selama aceh fair berlangsung. Cekidot…

lagi ngejelasin ke pengunjung
Minyak nilam merupakan bahan dasar yang dipakai untuk pembuatan parfum, fungsinya sebagai pengikat wangi-wangian supaya wangi dari parfum lebih tahan lama. Bila dilihat dari sisi kualitasnya nilam aceh memiliki kualitas terbaik di dunia ini merupakan hasil dari konferensi nilam sedunia tahun lalu dan sekarang oisca jfpr telah berhasil mengundang prancis untuk langsung datang ke Aceh membeli minyak nilam dan mereka langsung yang melakukan control kualitas di lokasi2 penyulingan. Oisca jfpr merupakan organisasi internasional yang dibantu sepenuhnya oleh jepang melalui ADB yang bekerja untuk membina masyarakat mandiri. Kita hanya melakukan pembinaan dan koneksi dari masyarakat ke pembeli. Sekarang ini Payan Bertran yang telah mengontrak petani nilam di aceh selama 5 tahun untuk menyediakan nilam.

Minyak nilam adalah salah satu dari 5 produk aceh yang naik ke atas awan. Ke 5 produk tersebut sudah dapat diakses online dan go international. Produk lainnya adalah ikan tuna yang telah diekspor ke jepang. Ikan tuna sudah 3 kali dikirim ke jepang. Kepiting lunak sudah beberapa kali diekspor ke amerika melalui PT Tiur Tonga Putra. Udang diekspor ke inggris dan socolatte merupakan produk coklat pertama aceh yang terletak di pidie jaya.

aku banyak belajar disini
Sekian terima kasih

2 thoughts on “Jadi Information Officer

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s